Selasa, 24 November 2009

Awas!! Psikopat ada di sekitar kita

Nama : Ghea Khaerunnisaa

NPM : 10080007071

Kelas : A

Masih melekat di pikiran kita, pada kejadian beberapa waktu yang lalu tentang kasus pembunuhan 12 orang yang dilakukan oleh Rian asal Jombang. Berita ini muncul akibat adanya laporan-laporan orang hilang yang kesemuanya itu bermuara pada satu pelaku yaitu Rian. Dan pada akhirnya terkuaklah sudah satu persatu pembunuhan yang dilakukan sang psikopat ini.

Dari sini kita mulai penasaran dan muncul-lah pertanyaan tentang apa yang dimaksud dengan psikopat?. Psikopat secara harafiah berarti sakit jiwa, atau sosiopat karena perilakunya yang antisosial dan merugikan orang-orang terdekatnya. Psikopat berasal dari kata psyche yang berarti jiwa dan pathos yang berarti penyakit. Psikopat tak sama dengan gila karena seorang psikopat sadar sepenuhnya atas perbuatannya

Menurut penelitian, secara perilaku orang yang psikopat berbeda dengan orang normal dan berbeda dari pelaku kriminal yang 'normal'. Tindakannya berbeda secara emosi, motivasi, dan proses berpikir. Perilaku mereka bukan sekedar perilaku impulsif, tetapi setiap perilaku yang ia lakukan, hampir tanpa motivasi atau dimotivasi oleh tujuan yang tidak dimengerti. Selain itu, seorang psikopat mempunyai emosi yang gampang meledak.

Dari artikel lain yang saya baca, ada beberapa ciri psikopat yaitu:

1. Mampu menjadi pusat perhatian. Psikopat pandai berbicara dan melucu. Mampu menempatkan diri sedemikian rupa sehingga orang lain sering menangkap kesan bahwa si psikopat adalah orang yang menarik dan menyenangkan.
2. Egosentrik dan menganggap diri hebat. Seringkali menguasai dan mengatur orang lain. Jika tertimpa kasus atau bernasib sial, psikopat seringkali menganggapnya ketidakberuntungan sementara atau menyalahkan orang lain.
3. Tidak merasa bersalah dan menyesal. Ia merasa perbuatannya itu diakibatkan oleh ulah dan perbuatan orang lain.
4. Hidup sebagai parasit. Memanfaatkan orang lain untuk kepuasan dan kesenangan dirinya.
5. Tidak punya empati. Ia tidak peduli dampak perbuatannya terhadap orang lain.
6. Manipulatif dan curang. Cenderung suka berbohong, menipu dan mempermainkan orang lain. Jika ketahuan berbohong, mereka jarang bingung atau malu, tetapi mengolah lagi cerita lain untuk menutupi kebohongannya.
7. Tidak bertanggung jawab. Cenderung tidak menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan menyerahkannya kepada orang lain. Kerap mangkir dan melanggar peraturan.
8. Impulsif. Kerap mengubah ubah rencananya secara mendadak. Tidak punya komitmen jangka panjang.

Sekitar 1% dari total populasi dunia mengidap psikopat. Sulit dideteksi, dan amat kecil kemungkinan untuk dapat disembuhkan. Seorang psikopat, lebih banyak berkeliaran di dunia bebas seperti layaknya manusia normal, dibandingkan dengan psikopat yang diam di Rumah Sakit Jiwa, penjara, dll. Dan ternyata kategori orang yang mengalami psikopat tidak hanya selalu berhubungan dengan pembunuhan, tetapi orang yang melakukan tindak korupsi tanpa memikirkan akibat dari perbuatnnya itu, dan sebuah peran antagonis yang tanpa belas kasihan menyiksa lawannya , itu merupakan termasuk kedalam kategori psikopat.

Awal seseorang menjadi psikopat adalah, kurangnya merasakan kasih sayang, kesetiaan, empati dan rasa bersalah dari orang-orang di lingkungannya. Ia tidak bisa belajar dari kesalahan yang pernah ia perbuat dan ia tidak pernah mersa bersalah akan hal itu. Seorang psikopat tidak pernah sekalipun memikirkan konsekuensi dari apa yang ia perbuat. Ia akan terus melakukan hal itu berulang kali tanpa ada rasa takut ketahuan lagi dengan cara yang sama tanpa memperdulikan bahwa ia pernah dihukum atas perbuatannya itu. Berbeda dengan orang normal yang akan berulang kali berpikir jika akan melakukannya lagi, tentu dengan cara yang berbeda dan tersembunyi.

Sekarang tinggal kita waspada dan memikirkan apakah di sekitar kita ada seseorang yang memenuhi criteria sebagi psikopat? Atau bahkan kita sendiri yang memenuhi criteria tersebut?? Bersegera-lah temui psikiater. (Peace, Love and Respect)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar