Senin, 23 November 2009

Mengenal Karakteristik Anak Asuh adalah Hal Penting

Dian Tantri Cito Lestari

10080007065

Penulisan Artikel

A


Berawal dari menonton sebuah film yang berjudul Orphan, saya mencoba mengangkat sisi yang penting yang terkadang menjadi hal yang disepelekan oleh para calon orang tua yang mengangkat anak asuh. Ada banyak hal yang membuat seseorang untuk mengangkat anak asuh. Entah karena ia tidak juga mendapatkan keturunan atau karena iba melihat seorang anak kecil yang polos dan tidak memiliki keluarga dan tinggal di suatu panti asuhan.

Anak angkat adalah anak yang haknya dialihkan dari lingkungan kekuasaan keluarga orang tua, wali yang sah, atau orang lain yang bertanggung jawab atas perawatan, pendidikan, dan membesarkan anak tersebut, ke dalam lingkungan keluarga orang tua angkatnya berdasarkan putusan atau penetapan pengadilan (Pasal 1 angka 9)

Mengangkat anak bukanlah hal yang mudah terlebih apabila calon anak angkat bukan bayi yang masih belum dibentuk karakter dan kepribadiannya, ada banyak hal yang harus terlebih dahulu dipelajari oleh orang tua asuh tentang calon anak angkatnya. Banyak hal yang harus diketahui oleh calon orang tua angkat.

Mengetahui darimana asal calon si anak angkatnya, bagaimana ia bisa berada di tempat kita mengangkat calon anak tersebut juga menjadi hal yang tidak kalah pentingnya selain prosedur yang mungkin sudah ditentukan oleh pihak panti asuhan. Bisa jadi si anak mempunyai penyakit psikologis atau ada hal lainnya yang juga perlu kita ketahui.

Tentu kita tidak menginginkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Seperti misalnya beberapa kali ada saja berita yang mengagetkan tentang seorang anak angkat yang membunuh ibu angkatnya. Mungkin hal ini terjadi karena sang ibu yang tidak memperhatikan karakter si anak. Tidak dipungkiri baik anak asuh maupun orangtua asuh harus menyesuaikan diri dengan karakter masing-masing.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar